"office automation"
ARTIKEL
"office automation"
Office automation ialah penggunaan alat elektronik
untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan
komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk
meningkatkan produktivitas kerja. Awalnya penggunaan office automation atau
otomatisasi kantor hanya terbatas pada kalangan pabrik industry saja. Namun,
saat ini penggunaanny sudah menyebar hingga kalangan perkantoran. Otomatisasi
kantor dimulai pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic
Tape / Selectric Typewriter ( MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik
kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Office Automation (OA)
System mendukung pekerjaan pada suatu perusahaan secara luas, biasanya
digunakan untuk meningkatkan aliran pekerjaan dan komunikasi antar sesama
pekerja, tidak peduli apakah pekerja tadi berada di satu lokasi yang sama
ataupun tidak.
Aplikasi Office Automation
Ada beberapa jenis aplikasi yang digunakan dalam
office automation, diantaranya ialah :
1. Pengolah Kata
Merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah data tertulis, sehingga
memungkinkan manajer menyiapkan komunikasi tertulis yang lebih efektif.
2. Surat Elektronik
Tujuan digunakannya surat elektronik ialah untuk mempermudah manajer
berkomunikasi secara cepat dan mudah dengan orang lain. Surat elektronik atau
biasa disebut email efektif jika tidak diperlukan percakapan 2 arah dan jika
penyampaian pesan berjarak jauh.
3. Voice Mail
Syarat utama agar setiap karyawan dapat berkirim pesan melalui voice mail ialah
setiap orang harus mempunyai voice mailbox sebagai penerima pesan. Selain itu
diperlukan komputer dengan kemampuan menyimpanan pesan audio dalam bentuk
digital dan kemudian merubahnya kembali menjadi pesan audio ketika pesan
tersebut dipanggil. Keuntungan dari voice mail ini ialah manajer tidak perlu
mengetik pesan yang akan disampaikan.
4. Kalender Elektronik atau Electronic Calendering
Electronic calendering merupakan penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan
dan mengambil kalender pertemuan.
5. Konferensi Audio
Biasa digunakan untuk perusahaan yang tersebar luas di berbagai daerah,
sehingga dapat mengefisiensikan waktu penyampaian pesan.
6. Konferensi Video
Merupakan salah satu bentuk telekomunikasi dengan penggunaan televisi untuk
menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar di berbagai daerah. Ada 3
jenis konfigurasi konferensi video, yaitu:
* One-way video and audio
Sinyal video dan audio dikirim ke satu tempat transmisi ke satu atau beberapa
tempat penerimaan
* One-way video and two-way audio
Kemampuan audio 2 arah memungkinkan orang ditempat penerimaan berbicara dengan
orang ditempat transmisi sementara semua orang melihat pada gambar yang sama.
* Two-way video and audio
Komunikasi audio dan video antara semua tempat berlangsung 2 arah.
7. Konferensi Komputer
Konferensi komputer atau computer converencing ialah salah satu bentuk komunikasi
dengan menggunakan jaringan komputer sehingga memungkinkan para anggota dengan
karakteristik bersama bertukar informasi mengenai suatu topik tertentu.
Computer converencing dapat terdiri dari banyak peserta dan bisa dipakai untuk
banyak topik yang berbeda.Selain itu, computer converencing juga dapat
digunakan dalam satu tempat geografis.
8. Transmisi Faksimili
Dalam office automation juga terdapat aplikasi transmisi faksimili yang
digunakan untuk mengirim informasi dengan menggunakan peralatan khusus yang
dapat membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan kemudian
membuat salinannya diujung yang lain. Fax berkontribusi pada pemecahan masalah
dengan membagikan dokumen kepada para anggota tim pemecah masalah scr cepat dan
mudah tanpa dibatasi oleh lokasi geografis
9. Video Text
Ialah komunikasi dengan menggunaan komputer untuk menampilkan narasi dan grafik
yang tersimpan ke layar CRT
10. Pencitraan
Pencitraan ialah enggunaan karakter secara optik untuk mengubah dokumen-dokumen
kertas atau microfilm menjadi format digital untuk disimpan ke dalam
penyimpanan sekunder. Proses pencitraan dilakukan oleh sistem manajemen
dokumen. Sistem tersebut terdiri dari satu atau beberapa unit pengenal karakter
(OCR) untuk mengubah citra dokumen ke dalam data digital. Pencitraan digunakan
jika dokumen historis perlu ditelaah dengan maksud memahami suatu masalah
11. Desktop Publishing (DTP)
Tiga aplikasi Desktop Publishing :
* Administrative
meliputi dokumen-dokumen yang dimaksud untuk penggunaan intern seperti
korespondensi, laporan, dan warta
* Technical
meliputi materi pelatihan, seperti : slides, overhead tranparancies, dan manual
* Corporate
meliputi periklanan, brosur, dan dokumen yang digunakan di luar perusahaan
Komentar
Posting Komentar